PELANTIKAN TIGA PJ BUPATI DITANGGUHKAN, GUBERNUR AKAN KONSULTASI KE MENDAGRI

Berita Daerah746 Views

Baubau – Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi dijadwalkan akan melantik Walikota Baubau, Senin (23/5/22).

“Bapak Gubernur besok melantik Wakil Walikota Baubau menjadi walikota defenitif,” ujar Kadis Kominfo Provinsi Sultra, Ridwan Badallah dalam keterangan tertulisnya, Ahad (22/5/22).

Namun lanjut Ridwan, Gubernur Sultra belum menjadwalkan pelantikan Penjabat Bupati Muna Barat, Buton Selatan dan Buton Tengah.

Pasalnya kata Ridwan, dua Penjabat Bupati yang direkomendasikan Kementerian Dalam Negeri tidak berdasarkan usulan Gubernur.

“Bupati di 3 kabupaten belum dilakukan pelantikan dan bukan dibatalkan oleh Gubernur. Belum dilakukan karena dua kabupaten tidak berdasarkan usulan Gubernur sebagaimana biasa dilakukan berdasarkan aturan penunjukan Penjabat Bupati” ujarnya lagi.

Dua Penjabat Bupati yang dimaksud adalah Penjabat Bupati Muna Barat dan Bupati Penjabat Buton Selatan.

Untuk itu terang Ridwan, Gubernur Ali Mazi akan melakukan konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri terkait ketidak sesuaian nama usulan dengan nama yang direkomendasikan oleh Kemendagri.

“Oleh sebab itu, Bapak Gubernur setelah pelantikan walikota maka akan mengkonsultasikan atau menanyakan ke Mendagri ihwal mengapa tidak sesuai prosedur,” jelas Ridwan.

Lebih jauh Ridwan mengatakan bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan di ketiga kabupaten itu, maka Gubernur menunjuk Sekertaris Daerah (Sekda) sebagai Plh (Pelaksana harian red) Bupati.

“Masa jabatan Plh seminggu dan jika belum ada pelantikan Pj maka diperpanjang seminggu lagi. Namun, untuk mempercepat penyelesaian masalah Pj di 3 kabupaten maka sekali lagi bapak gubernur akan mengkonsuktasikan ke Mendagri,” terangnya.

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *