KONSUMSI PERTALITE DI REGION JATIMBALINUS MENINGKAT

Berita Daerah527 Views

Surabaya – PT Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus menyebut konsumsi BBM jenis Pertalite pasca kenaikan harga BBM pada 13 September lalu mengalami kenaikan.

Section Head Communication Patra Niaga Jatimbalinus, Arya Yusa Dwicandra, mengatakan kenaikan konsumsi BBM subsidi Pertalite mencapai hingga 8 persen dari sebelumnya pada Juli 2022 rerata 12.000 KL/hari, kini menjadi 13.000 KL/hari.

“Kenaikan konsumsi juga terjadi pada BBM subsidi jenis solar yang naik sekitar 2 – 3 persen, yang sebelumnya rerata 7.080 KL/hari menjadi 7.120 KL/hari,” katanya di sela-sela Media Update, seperti dikutip Bisnis.com, Kamis (29/9/22).

Dia mengatakan pihaknya tidak bisa memastikan faktor kenaikan konsumsi BBM subsidi tersebut, tetapi diperkirakan karena ada mobilitas masyarakat yang meningkat, termasuk arus kendaraan logistik yang juga meningkat.

“Untuk konsumsi Pertalite di Jatimbalinus ini memang kebanyakan diserap oleh kendaraan pribadi khususnya roda empat yakni sebesar 80 persen Jika secara volume, sedangkan konsumsi BBM kendaraan roda dua tidak banyak meskipun jumlah unitnya lebih banyak,” jelasnya.

Arya menambahkan, adanya peningkatan konsumsi BBM subsidi ini juga diiringi dengan penurunan konsumsi BBM non subsidi Pertamax yang mencapai sebesar -20 persen hingga -30 persen.

“Memang ada peralihan konsumsi dari Pertamax ke Pertalite, tetapi saat ini kami memberi pilihan konsumen apakah BBMnya sesuai dengan peruntukan subsidi dan cocok atau tidak menggunakan BBM subsidi, ini sesuai pengalaman konsumen itu sendiri,” ujarnya.

 

(Red/Sumber)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *