RESPON KATA “SEMBRONO” PRESIDEN JOKOWI, ANTHONY BUDIAWAN : BUKTI TIDAK MENGHORMATI KEDAULATAN PARTAI DAN DEMOKRASI

Politik1688 Views

Jakarta – Managing Director PEPS (Political Economy and Policy Studies) Anthony Budiawan menilai kata “sembrono” Presiden Joko Widodo pada ulang tahun Partai Golkar ke -58,  tidak menghormati kedaulatan partai dan demokrasi.

Menurutnya, Partai memiliki kewenangan mutlak untuk menentukan calon presiden yang akan diusungnya.

Dia bahkan mensinyalir terdapat maksud lain terkait ucapan “sembrono” dari mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Kalau partai sembrono tentukan capres, itu urusan mereka, ujung-ujungnya pasti kalah. Dan tidak ada partai yg mau kalah. Jangan-jangan, “sembrono” mempunyai arti lain: calon yang tidak diinginkan? Komentar seperti itu menunjukkan tidak menghormati kedaulatan partai dan demokrasi,” ujar Anthony Budiawan melalui akun Twitternya, Ahad (23/10/22).

Dia juga mengatakan bahwa jika ucapan Mantan Walikota Solo itu diucapkan oleh Presiden Amerika maka akan menjadi skandal politik besar karena dianggap mencampuri urusan internal partai lain.

“Bayangkan kalau Joe Biden bicara kepada partai Republican “jangan sembrono tentukan capres”, pasti menjadi skandal politik besar, karena dianggap campuri urusan internal partai lain. Tapi di sini malah partai-partai pada mengkeret: tanda tidak berdaulat?” jelasnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengatakan bahwa Partai Golkar tidak akan sembrono dalam mendeklarasikan capres yang akan diusung pada Pemilihan Pilpres 2024.

“Saya yakin, saya yakin, saya yakin Golkar akan dengan cermat, akan dengan teliti, akan dengan hati-hati, tidak sembrono dalam mendeklarasikan calon presiden dan wapres 2024,” ujar mantan Wali Kota Solo itu saat memberikan sambutan pada HUT Partai Golkar, Jum’at (21/10/22).

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *