TERKAIT PARTISIPASI TIMNAS ISRAEL PADA PIALA DUNIA U-20, LANYALLA SARANKAN INI

Olahraga763 Views

Jakarta – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan bahwa pihaknya baru saja menerima aspirasi dari beberapa organisasi kemanusiaan Indonesia yang peduli dengan Palestina.

Organisasi-organisasi tersebut kata dia menolak kedatangan Timnas U-20 Israel untuk mengikuti Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang digelar di Indonesia.

“Hari ini, saya menerima beberapa organisasi kemanusiaan Indonesia yang concern terhadap persoalan Palestina, antara lain MER-C, AWG, KISDI dan BSMI yang menyampaikan aspirasi terkait penolakan kedatangan timnas U-20 Israel di Indonesia untuk mengikuti Piala Dunia U-20 tahun 2023,” ujar LaNyalla melalui akun Twitternya, Jum’at (16/9/22).

Lanjutnya, keberatan tersebut kemudian diteruskannya kepada pemerintah dalam hal ini Presiden, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Menanggapi aspirasi ini, saya akan meneruskan ke pemerintah, dalam hal ini presiden, kemenlu dan kemenpora,” ujarnya lagi.

LaNyalla juga menegaskan bahwa olahraga termasuk sepakbola memiliki aturan tersendiri yang tidak dapat diintervensi.

“Saya mengingatkan bahwa di sepakbola atau sport mempunyai aturan tersendiri atau Lex Sportiva dan itu tidak bisa diintervensi,” imbuhnya.

“Win-win solution-nya setelah drawing nanti, semoga pot-nya Indonesia beda dengan Israel, sehingga grup Israel bisa melakukan pertandingan di negara terdekat Indonesia, misalnya Singapura,” sambungnya.

Senator asal Jawa Timur itu menerangkan bahwa solusi yang ditawarkan itu dimaksudkan agar pertandingan tetap berjalan normal tanpa menciderai prinsip-prinsip kemanusiaan dan hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Palestina.

“Artinya secara sport, pertandingan jalan, sedangkan secara kemanusiaan dan hubungan diplomatik dengan Palestina juga terjalin baik,” pungkasnya.

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *