KEMENKOMINFO SEBUT KECEPATAN RATA-RATA INTERNET DI INDONESIA TEMBUS 35 MBPS

News1143 Views

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan kecepatan rata-rata internet bergerak (seluler) di Indonesia mencapai di atas 35 Mbps. Internet seluler Indonesia pun terus memperlihatkan perbaikkan.

“Berdasarkan hasil dari pengukuran mobile (seluler) Tim Direktorat Pengendalian PPI terhadap 488 kab/kota dengan hasil kecepatan rata-rata 36,30 Mbps (posisi Mei 2023)” kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Usman Kansong seperti dikutip Bisnis, Kamis (27/7/23).

Selain itu, lanjut Usman, untuk kecepatan seluler menempati urutan 99, naik tiga tingkat, dengan kecepatan rata-rata 22,33 Mbps sedangkan untuk fixed broadband berada pada urutan 121 dengan kecepatan rata-rata 26,90 Mbps berdasarkan analisa Speedtest Ookla untuk posisi Mei 2023.

Kecepatan seluler Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dikarenakan luas wilayah dan populasi yang sangat besar di Indonesia dan upaya operator dalam memenuhi komitmen pembangunan.

Kecepatan internet di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta (66,89 Mbps), Surabaya (40,73 Mbps), Bandung (40,69 Mbps), Depok (67,85 Mbps), Yogyakarta (54,71 Mbps) , Medan (45,10 Mbps), Denpasar (72,65 Mbps) dan lain lain.

“Kecepatan yang diukur oleh Ookla maupun Speedtest menggunakan metode survei dengan mengambil sample dari pengguna seluler yang melakukan uji speedtest,” kata Usman.

Sementara itu laporan terbaru Opensignal menunjukkan bahwa pengguna Telkomsel menikmati pengalaman seluler tercepat di Indonesia. Pengalaman tersebut juga membuat para pengguna makin nyaman dalam menonton video.

Berdasarkan laporan per Juni 2023, Telkomsel telah mengalami peningkatan terbesar secara absolut sebesar 4,5Mbps (25,2%) dalam Pengalaman Kecepatan Unduhan.

“Hasilnya, Telkomsel mengeklaim penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduhan kali ini dengan kecepatan keseluruhan rata-rata 22Mbps,” demikian dikutip dari laporan tersebut.

Bukan itu saja, Telkomsel juga dinilai tetap jadi pemenang penghargaan Pengalaman Kecepatan Unggah, dengan pengguna mencatat kecepatan unggah tercepat rata-rata 9,5Mbps, naik dari sebelumnya 8,2Mbps.

Telkomsel juga unggul dalam hal pengalaman menonton video dengan skor 60,4 dari 100.

Sementara itu, pengguna XL Axiata diketahui lebih menikmati pengalaman bermain gim seluler multipemain. XL kembali mengalahkan persaingan dalam hal kualitas pengalaman dalam bermain game mobile multiplayer di Indonesia.

Adapun pengguna 3 mengalami peningkatan penting dalam kecepatan seluler pasca penggabungan Indosat Ooredoo Hutchison. Kecepatan unduh rata-rata 3 meningkat sebesar 30,8 persen, dari 11,7Mbps jadi 15,3Mbps.

Demikian pula, pengguna 3 mengalami kemajuan besar dalam kecepatan unggah rata-rata, yang melonjak sebesar 31,1 persen dari 6,5Mbps jadi 8,5Mbps.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *