JUM’AT BESOK, LAKSAMANA TNI YUDO MARGONO AKAN JALANI FIT AND PROPER TEST SEBAGAI CALON PANGLIMA TNI

News1073 Views

Jakarta – Komisi I DPR RI akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) kepada calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pada Jum’at besok (2/12/22).

“Sesuai keputusan Bamus (Badan Musyawarah), besok Komisi I akan melaksanakan uji kelayakan untuk calon Panglima TNI (Yudo Margono), Jum’at (2/12/22),” ujar Anggota Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin seperti dikutip kabar24bisnis, Kamis (1/12/22).

Dia menjelaskan, pada pukul 10.00 WIB pimpinan Komisi I dan perwakilan masing-masing fraksi akan melakukan verifikasi data pribadi Yudo.

Setelah itu sebut dia, ada jeda makan siang dan Sholat Jum’at.

“Pada pukul 13.30 WIB, kita akan mulai dengan fit and proper test,” ungkapnya.

Dia menerangkan bahwa Laksamana Yudo akan diberi waktu selama 30 menit untuk memberi pemaparan tentang visi-misinya.

Setelah itu kata dia, para anggota Komisi I akan melakukan pendalaman dengan memberikan berbagai pertanyaan ke Yudo.

“Perwakilan dan fraksi masing-masing selama tujuh menit dan kemudian dijawab oleh calon panglima TNI kira-kira 20 menit,” ucap politisi PDI Perjuangan (PDIP) tersebut.

Meski begitu, Hasanuddin tak menutup kemungkinan akan ada pertanyaan tambahan, sesuai dengan kebutuhan. Nantinya, uji kelayakan dan kepatutan tersebut akan diadakan secara tertutup.

“Kalau menurut aturan, tertutup,” jelas Hasanuddin.

Setelah uji kelayakan dan kepatutan selesai, anggota Komisi I akan melakukan rapat untuk menentukan apakah Yudo layak jadi Panglima TNI yang baru untuk mengganti Jenderal Andika Perkasa yang akan segera pensiun.

“Pada hari itu langsung (diputuskan),” tandasnya.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *