FORUM DIPLOMASI ANTALYA BONGKAR KEBOHONGAN BARAT SOAL HUKUM INTERNASIONAL

Internasional857 Views

Ankara – Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan mengatakan bahwa standar ganda dari beberapa negara besar terhadap berbagai isu, serta pengabaian mereka terhadap hukum internasional dibongkar oleh para panelis di Forum Diplomasi Antalya.

Berbicara pada upacara penutupan forum tersebut, Fidan mengatakan ada upaya serius yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk mencapai gencatan senjata di Jalur Gaza sebelum bulan suci Ramadhan.

Mengutip Anadolu Agency, Senin (4/3/24), Israel telah melancarkan serangan mematikan di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober.

Pemboman Israel yang terjadi kemudian telah menewaskan 30.410 orang dan melukai 71.700 lainnya.

Israel juga memberlakukan blokade yang melumpuhkan Jalur Gaza, menyebabkan penduduknya, khususnya penduduk Gaza utara, berada di ambang kelaparan.

Menurut PBB, perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

Fidan juga mengatakan perjalanan ke AS direncanakan minggu depan atas undangan Menteri Luar Negeri Antony Blinken untuk menghadiri pertemuan mekanisme strategis.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *