ERDOGAN DAN ISTRI GUNAKAN HAK SUARA DALAM PEMILIHAN WALIKOTA ISTANBUL

Internasional742 Views

Ankara – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan istrinya Emine Erdogan menggunakan hak suara mereka dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di kota metropolitan Istanbul, Ahad (31/3/24).

Setelah memberikan suaranya di daerah Uskudar, Erdogan menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu, dan mendesak semua warga negara yang memenuhi syarat untuk memberikan suara untuk datang ke TPS.

“Pemilu ini akan menandai dimulainya era baru di negara kita,” ujar Presiden kepada wartawan usai memberikan suaranya seperti dikutip Anadolu Agency.

“Saya berharap hal ini akan menjadi instrumen dalam permulaan era baru, abad baru di negara kita,” ucap dia.

Erdogan juga menyampaikan harapannya agar pemilu kali ini menghasilkan “hasil yang menguntungkan” bagi negara dan bangsa.

Erdogan akan memantau hasil pemilu di Istanbul nanti malam dan berpidato setelah hasil pemilu sudah jelas.

Pemungutan suara dimulai Minggu pagi, dengan lebih dari 61 juta pemilih terdaftar diperkirakan akan memberikan suara di seluruh negeri.

Pemungutan suara dimulai pukul 7 pagi waktu setempat dan akan berlanjut hingga pukul 4 sore di 32 provinsi bagian timur negara itu. Sementara di provinsi sisanya, TPS dibuka pada pukul 08.00 dan akan ditutup pada pukul 17.00 waktu setempat.

Pemilu kali ini ada 34 partai politik yang akan bersaing, dan lebih dari 206.000 TPS telah disediakan di seluruh negeri.

Dalam Pilkada Turkiye ini, masyarakat akan memilih pejabat untuk 81 provinsi, 973 kabupaten, dan 390 kepala daerah perdesaan serta 50.336 muhtar (ketua RW), serta pemilihan anggota dewan provinsi dan anggota dewan di kabupaten.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *