DUA KAPAL PENJAGA PANTAI YUNANI TEMBAKI KAPAL BERBENDERA KOMORO DI PERAIRAN INTERNASIONAL

Internasional991 Views

Ankara – Pihak berwenang Turki mengatakan bahwa dua kapal Penjaga Pantai Yunani melepaskan tembakan ke sebuah kapal ro-ro pada 18 kilometer di lepas pantai Bozcaada, Turki pada Sabtu (10/9/22) lalu.

“Kapal “Anatolia” berbendera Komoro dengan awak 18 yang terdiri dari enam orang Mesir, empat Somalia, lima Azerbaijan, dan tiga warga negara Turki diserang pasukan Yunani saat berlayar di perairan internasional,” kata Komando Penjaga Pantai Turki dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Anadolu Agency, Senin (12/9/22).

Setelah mengetahui insiden itu, penjaga pantai mengirim dua kapal ke lokasi kejadian dan kapal Yunani segera meninggalkan tempat itu.

Tidak ada yang terluka di kapal, menurut pernyataan dari otoritas Turki.

Lantas kapal tersebut dikawal oleh dua kapal pasukan Turki dan pihak berwenang telah memulai penyelidikan mengenai insiden tersebut.

Komando Penjaga Pantai Turki membagikan video di website-nya terkait insiden penembakan dan peta yang menunjukkan lokasi di mana serangan itu terjadi.

Menurut sumber diplomatik, insiden itu digambarkan sebagai “benar-benar bertentangan dengan hukum internasional” dan Turki mendesak otoritas Yunani untuk segera melakukan penyelidikan dan penjelasan tentang insiden tersebut.

 
(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *