CHINA MERADANG GEGARA DELEGASI KONGRES AS KUNJUNGI TAIWAN

Internasional554 Views

Beijing – Babak baru telah dibuka dalam ketegangan Beijing-Washington ketika Delegasi Kongres Tingkat Tinggi AS yang terdiri dari Senator Lindsey Graham, Senator Richard Burr, Senator Robert Portman, Senator Benjamin Sasse dan anggota parlemen Ronny Jackson mengunjungi di Taiwan.

Melansir Sputniknews, Jum’at (15/4/22), Senator Robert Menendez mengatakan bahwa Taiwan adalah negara yang memiliki posisi strategis bagi Amerika.

“Taiwan adalah negara kepentingan global, dengan konsekuensi global, dengan pengaruh global, jadi harus dipahami dengan baik bahwa keamanan Taiwan memiliki implikasi global bagi mereka yang menginginkannya buruk,” kata Menendez usai pertemuan delegasi dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Webin mengatakan bahwa Washington harus memutuskan semua kontak resmi dengan Taiwan dan menahan diri dari maju di jalan berbahaya ini.

Pihaknya menuntut agar prinsip satu-China dan ketentuan dari tiga deklarasi yang ditandatangani antara Amerika Serikat dan China sejak 1972 ditaati.

Sedangkan Kementerian Pertahanan China telah mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan latihan militer di dekat Taiwan sebagai tanggapan atas provokasi AS tersebut.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *