BIDEN SEBUT NETANYAHU LAKUKAN KESALAHAN DI GAZA

Internasional788 Views

Washington DC – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden kembali mengkritik Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan menyebut pendekatannya terhadap perang di Gaza sebagai sebuah “kesalahan”.

Dia juga menggarisbawahi bagaimana konflik tersebut telah memperburuk hubungan antara kedua sekutu dekat tersebut.

Ketegangan antara pemerintahan Biden dan pemerintah Israel meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah korban tewas di Gaza.

Rasa frustrasi Biden telah mencapai puncaknya dalam beberapa pekan terakhir, terutama setelah serangan mematikan Israel bulan ini terhadap konvoi pekerja bantuan .

Mengutip New York Times, Rabu (10/4/24), dalam sebuah wawancara yang direkam minggu lalu dan disiarkan Selasa malam di Univision, Biden sekali lagi menyebut serangan itu sebagai tindakan yang “keterlaluan” dan mengatakan dia tidak menyetujui pendekatan Netanyahu.

“Saya pikir apa yang dia lakukan adalah sebuah kesalahan. Saya tidak setuju dengan pendekatannya,” kata Biden, mengulangi pernyataan yang dia buat bulan lalu.

“Jadi saya, yang saya serukan adalah agar Israel menyerukan gencatan senjata,” tegas Biden.

Associated Press melaporkan bahwa wawancara Univision direkam Rabu lalu, dua hari setelah serangan Israel menewaskan tujuh pekerja dari badan amal World Central Kitchen dan sehari sebelum Biden dan Netanyahu melakukan panggilan telepon yang menegangkan selama 30 menit.

Dalam seruan tersebut, Presiden Biden mengancam akan memberikan dukungan kepada Israel di masa depan mengenai cara Israel mengatasi kekhawatirannya mengenai korban sipil dan krisis kemanusiaan di Gaza.

Hal ini mendorong Israel berkomitmen untuk mengizinkan lebih banyak makanan dan pasokan lainnya masuk ke wilayah yang terkepung.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *