AMERIKA BAKAL SIAGAKAN F-35 DAN F-15 DI PULAU KRETA

Internasional328 Views

Athena – AS telah meminta persetujuan dari otoritas Yunani untuk jet F-35 dan F-15 yang akan dikerahkan di pangkalan Suda di pulau Kreta mulai pertengahan Juli.

Melansir Sputniknews, Rabu (11/5/22), Washington meminta persetujuan yang diperlukan dari kementerian luar negeri dan pertahanan Yunani agar jet F-35 dan F-15 dapat dikerahkan di pangkalan Suda di pulau Kreta mulai pertengahan Juli.

Menurut Yorgo Kirbaki dari Hürriyet, tidak ada informasi yang diberikan tentang berapa lama pesawat tempur AS akan tinggal di pangkalan udara Suda.

Disebutkan bahwa kehadiran pesawat tersebut dimaksudkan untuk berpartisipasi dalam latihan dan operasi.

AS diketahui telah menghabiskan puluhan juta dolar dalam beberapa tahun terakhir untuk pekerjaan infrastruktur di Suda, di mana angkatan laut dan pangkalannya berada.

Dalam konteks ini, pangkalan udara ditempatkan pada posisi untuk menampung pesawat tempur jenis F-35, meskipun untuk waktu yang terbatas.

Di sisi lain, rancangan undang-undang tentang perjanjian kerja sama pertahanan (protokol baru yang diperbarui) yang ditandatangani antara Yunani dan AS pada Oktober tahun lalu akan kembali dibahas di parlemen Yunani besok.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *