KOARMADA III GELAR UPACARA PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-114

Berita Daerah462 Views

Sorong – Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 di Lapangan Apel Mako Armada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat, Jum’at (20/5/22).

Membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Kepala Staf Koarmada III, mengatakan bahwa pada tahun ini, peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114 mengusung tema “Ayo Bangkit Bersama”.

Kata dia tema tersebut dimaksudkan sebagai bentuk seruan agar bangsa ini bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 setelah melanda negeri ini dalam dua tahun terakhir.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini juga hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja,” ujarnya.

Dikatakan pula bahwa guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, maka harus ditelaah sisi historis dibalik Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, dimana Presiden Soekarno pada tanggal 20 Mei 1948 menetapkan hari lahirnya Perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari bangkitnya Nasionalisme Indonesia di masa itu.

“Dimana terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin menguasai kembali,” ujarnya lagi.

Oleh karena itu jelas dia, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *