FIRLI TEGAS, OTT TERHADAP KORUPTOR TETAP DILAKUKAN

News1073 Views

Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan tetap akan melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap pelaku korupsi

Untuk itu ia meminta jajarannya tidak ragu dalam melakukan tindakan tegas dalam proses penegakan hukum.

“Jangan pernah ada keraguan untuk bertindak tegas melakukan tindakan penegakan hukum bagi pelaku korupsi termasuk tindakan tangkap tangan,” tegas Firli seperti dikutip kabar24, Selasa (27/12/22).

Firli menuturkan bahwa KPK adalah lembaga negara yang masuk dalam rumpun eksekutif, baik pelaksanaan tugas maupun wewenangnya.

Kendati demikian, Firli menekankan bahwa tugas dan wewenang KPK dalam memberantas korupsi tidak tunduk pada kekuasan manapun.

“Tidak terpengaruh kepada kekuasaan manapun dan KPK tidak tunduk kepada siapapun,” kata Firli.

Lebih lanjut, Firli menjelaskan bahwa KPK tidak hanya fokus pada kerja di bidang penindakan tetapi juga pendidikan antikorupsi ke masyarakat luas.

Dia juga menyebut akan terus melakukan kegiatan pencegahan seperti kajian, telaah, serta memberikan rekomendasi mengenai perbaikan sistem.

Isu tentang OTT muncul pada beberapa pekan lalu usai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa OTT tidak bagus bagi reputasi negara.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *