SEKJEN NATO TUDING PUTIN HANCURKAN PERDAMAIAN DI EROPA

Internasional892 Views

Sekjen NATO, Jens Stoltenberg mengatakan bahwa mengacu pada perang Rusia-Ukraina, Ukraina juga memperoleh keuntungan yang signifikan.

Pasalnya kata dia, Sekutu mengirimkan sistem senjata canggih ke Ukraina dan mereka membuat “perbedaan besar” di medan perang setiap hari.

Mengutip, Anadolu Agency, Kamis (1/12/22), Stoltenberg menegaskan bahwa sekutu NATO akan terus memberikan dukungan militer dan mengirim senjata canggih dan sistem pertahanan udara ke Ukraina.

“Saya menyambut baik dukungan kuat Jerman ke Ukraina dengan bantuan keuangan, kemanusiaan, dan militer yang signifikan,” katanya.

Jens Stoltenberg juga menyatakan bahwa dia menyambut baik keputusan Jerman untuk meningkatkan pengeluaran pertahanannya secara signifikan dan menyatakan bahwa angkatan bersenjata Jerman Bundeswehr memainkan peran penting dalam rencana pencegahan dan pertahanan NATO.

Dia juga mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah menghancurkan perdamaian di Eropa.

Selain itu kata Stoltenberg perang ini menciptakan gelombang kejutan jangka panjang untuk keamanan global.

“Kita tidak boleh meremehkan Rusia. Rudal dan pesawat tak berawak Rusia terus menyerang kota-kota Ukraina, warga sipil, dan infrastruktur penting, menyebabkan penderitaan kemanusiaan yang besar saat musim dingin mendekat,” jelas Stoltenberg.

Sekjen NATO itu menyebut bahwa Eropa hanya membayar harga dengan uang dalam perang, tetapi harga yang dibayar oleh Ukraina adalah darah.

“Jika rezim otoriter melihat bahwa kekuasaan dihargai, kita semua akan membayar harga yang jauh lebih tinggi. Dunia akan menjadi tempat yang lebih berbahaya bagi kita semua. Kita harus menyadari kecanduan kita,” terangnya.

Dia juga enyatakan bahwa perang di Ukraina mengungkapkan ketergantungan berbahaya Eropa pada gas Rusia.

“Hal ini akan mengarahkan kita untuk mengevaluasi ketergantungan kita pada negara-negara otoriter lainnya, terutama China, pada rantai pasokan, teknologi, dan infrastruktur. Kami akan terus terlibat dalam ekonomi Tapi kita harus menyadari ketergantungan kita. Kita harus mengurangi kerentanan kita dan mengelola risiko,” pungkasnya.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *