XI JINPING DAN JOE BIDEN SEPAKAT TOLAK PENGGUNAAN SENJATA NUKLIR DI UKRAINA

News1143 Views
Denpasar – Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuannya di Bali mengangkat isu tentang Perang Rusia dan Ukraina.
Kepada Xi Jinping,  Biden mengatakan bahwa Rusia telah melakukan tindakan brutal dan menebar ancaman untuk menggunakan senjata nuklir.
Melansir CNN, Senin (14/11/22), Presiden China dan Presiden AS kompak untuk menegaskan kembali kesepakatan mereka bahwa perang nuklir tidak boleh dilakukan dan tidak akan pernah bisa dimenangkan oleh pihak manapun.
“Kami menggarisbawahi penentangan terhadap penggunaan atau ancaman penggunaan senjata nuklir di Ukraina,” ujar Biden.
Di sisi lain, Xi Jinping mengungkapkan bahwa AS dan China berkeinginan untuk mengelola perbedaan dan mencegah persaingan menjadi konflik.
Xi Jinping juga menyapa pemimpin AS itu dan mengatakan “senang bertemu dengan Anda”, terlihat raut senang di antara keduanya.
“Saat ini hubungan China-AS berada dalam situasi sedemikian rupa sehingga kita semua sangat peduli karena ini bukan kepentingan fundamental kedua negara dan rakyat kita, dan bukan itu yang diharapkan masyarakat internasional (dari) kita,” kata Xi Jinping dalam sambutannya.
Selanjutnya, Xi menekankan pentingnya menentukan arah dalam hubungan yang dijalin antara AS dan China.
(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *