INI 10 JENIS CAMILAN YANG MEMBAHAYAKAN USUS

Kesehatan1138 Views

Jakarta – Camilan yang tidak sehat bukan hanya membuat lambung Anda bermasalah, namun juga membahayakan kesehatan usus Anda.

Berbeda dengan makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, dan miso yang bisa membuat usus Anda sehat, tetapi ada banyak camilan yang ternyata berbahaya bagi usus Anda.

Penasaran camilan apa saja yang buruk bagi usus? Ini daftarnya:
1. Permen
Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan bisa mengganggu kesehatan usus. Makanan tinggi gula dapat mengganggu keseimbangan usus baik dan buruk dan dapat berkontribusi untuk memperburuk gejala gastrointestinal seperti kembung, gas, nyeri, dan mencret.

2. Kentang goreng
Makanan yang digoreng seperti kentang goreng asin mengandung lemak jenuh dan garam yang tinggi.

Mereka mengurangi bakteri usus yang sehat dan bahkan dapat menyebabkan lebih banyak radang usus.

3. Keripik kentang
Makanan ringan seperti keripik kentang asin dapat memiliki dampak yang sama [seperti kentang goreng] pada kesehatan usus. Makanan tinggi lemak juga berdampak pada memperlambat pencernaan, yang memengaruhi kesehatan usus Anda.

4. Permen bebas gula
Pemanis buatan dapat mengganggu komunikasi antara bakteri dalam mikrobioma dan meningkatkan peradangan di dalam usus.

Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa pemanis buatan dapat menyebabkan perubahan mikrobioma yang dapat berdampak pada resistensi insulin dan penambahan berat badan.

5. Kerupuk gandum halus
Makanan yang banyak diproses dapat merusak mikrobioma usus, karena mengandung aditif yang tidak sehat seperti gula dan pengawet serta rendah serat.

Kerupuk yang dibuat dengan gandum olahan, seperti kerupuk keju dengan rasa artifisial atau kerupuk graham, pasti termasuk dalam kategori “olahan berat”, menjadikannya salah satu makanan ringan terburuk untuk kesehatan usus.

6. Bologna
Bukti ilmiah menunjukkan bahwa daging olahan seperti bologna, kielbasa, dan bacon adalah beberapa penyebab terburuk peradangan.

Daging ini ditemukan memiliki efek pro-inflamasi pada usus dan dapat mengubah mikrobioma usus.

7. Daging atau kalkun
Penelitian telah menunjukkan bahwa daging olahan ini dapat meningkatkan risiko kanker usus dan perut

8. Cookies yang dibeli di toko
Sebagian besar kue yang dibeli di toko tidak menggunakan teknik memanggang yang lebih sehat ini. Sebaliknya, mereka mengandalkan biji-bijian olahan, gula, dan pengawet untuk membuat produk jadi yang manis.

Semua pemrosesan ini bukanlah jalan menuju pencernaan yang lebih lancar.

9. Kue jajanan
Kue makanan ringan adalah contoh lain dari pemrosesan ultra, mengandung gula, lemak, pengawet dalam jumlah tinggi, serta perasa dan pewarna buatan. Makanan seperti ini dapat merusak kesehatan usus.

10. Soda
Soda juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan usus. Gula tambahan dari soda dapat menarik lebih banyak air ke saluran pencernaan Anda, membuat Anda mengalami efek samping seperti diare, sementara kafein dalam beberapa minuman ringan juga dapat mempercepat pencernaan.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *