MESIR DUKUNG GUGATAN TERHADAP ISRAEL SOAL GENOSIDA KE MAHKAMAH INTERNASIONAL

Internasional754 Views

Kairo – Mesir mengatakan mereka akan bergabung mengajukan gugatan genosida terhadap Israel yang diprakarsai oleh Afrika Selatan di Mahkamah Internasional (ICJ).

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Mesir mengatakan langkah tersebut dilakukan “mengingat meningkatnya tingkat keparahan dan cakupan serangan Israel terhadap warga sipil Palestina di Gaza dan serangan sistematis terhadap warga sipil serta penghancuran infrastruktur di jalur tersebut.”

“Tindakan ini merupakan pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional, hukum humaniter, dan Konvensi Jenewa Keempat tahun 1949 mengenai perlindungan warga sipil selama masa perang,” kata kementerian tersebut seperti dikutip Anadolu Agency, Senin (13/5/24).

Mesir mendorong Israel, sebagai kekuatan pendudukan, untuk mematuhi kewajibannya dan menerapkan tindakan sementara yang diminta oleh ICJ untuk memastikan penyediaan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Mereka juga menuntut Dewan Keamanan PBB dan para pemangku kepentingan untuk segera melakukan intervensi guna mencapai gencatan senjata di Gaza, menghentikan operasi militer di Rafah dan memberikan perlindungan bagi warga sipil Palestina.

Lebih dari 35.000 warga Palestina terbunuh dan lebih dari 76.600 lainnya terluka dalam serangan brutal Israel di Jalur Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober lalu yang menewaskan hampir 1.200 orang.

Afrika Selatan pada Jumat meminta ICJ untuk memerintahkan Israel menarik diri dari Rafah sebagai bagian dari tindakan darurat tambahan sehubungan dengan perang tersebut.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *